Mesin GEA Akan Diperbesar

Muhamad Ikhsan - detikOto
 
Jakarta - Mobil nasional Gulirkan Energi Alternatif (GEA) terus dikembangkan untuk mencapai titik puncak di dunia otomotif dalam negeri. BPPT terus mencoba mengembangkan mesin GEA berkapasitas 600 cc. BPPT pun mencari industri piston dalam negeri untuk mewujudkan mesin GEA yang lebih besar.

"Kita terus kembangkan mesin GEA dengan EFI dan selanjutnya ngebore-up mesin GEA, dan untuk mencapai itu kita sedang mencari industri piston dalam negeri," kata Koordinator RUSNAS Engine (Riset Unggulan Strategis Nasional) BPPT Nyoman Jujur ketika dikunjungi detikOto di BPPT, Senin (18/1/2010).

Jika hal itu memungkinkan kapasitas mesin mobil hasil kerjasama PT INKA dan BBPT ini nantinya akan menjadi lebih besar yakni 640cc dibandingkan sebelumnya yakni 600 cc. Sedangkan untuk bodinya BPPT menyerahkan pada pihak PT INKA. PT INKA yang bertanggng jawab atas pengebangan desain bodi GEA.

BPPT sendiri membutuhkan waktu hingga 6-8 bulan lamanya agar GEA bisa dikendarai. Namun, di 2010 new GEA dipastikan akan terwujud dan berbeda dari GEA sebelumnya terutama dari segi mesin.

"Tahun ini kita fokuskan untuk mengubah mesin GEA. Untuk mengejar itu membutuhkan waktu yang cukup panjang. Dari maping, assembling hingga tes ketahanan mesin. Semua membutuhkan trial sehingga menghasilkan kinerja yang baik," ungkap Nyoman.

Lebih dalam lagi, new GEA yang diklaim Nyoman getaran pada mesinnya akan lebih berkurang karena telah mengalami proses yang lebih dalam dan canggih untuk seukuran mesin berkapasitas kecil.

"Yang menarik dari mesin terbaru GEA adalah gejala getaran semakin kurang," jelas Nyoman.

( ikh / ddn )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar