Tentang Mobil Nasional GEA

Program Riset Nasional yang ditujukan untuk membuat Mobil nasional dimulai pada tahun 2002 , dalam program ini pembuatan mesin diserahkan kepada BPPT (yang sebelumnya sudah mempunyai proyek pembuatan mesin kecil utk pedesan) dan pembuatan bodi mobil diserahkan kepada PT. INKA (yang sebelumnya sudah mencoba membuat kancil) . Mobil hasil riset ini dinamakan GEA yang merupakan singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif. 

Kepala Humas PT INKA Fathoer Rosyid menyebutkan bahwa mobil GEA ini sudah berhasil diuji coba sejauh 10.000 km. PT INKA memperkirakan harga jual GEA berkisar Rp 50 juta.

Maksud penamaan GEA tersebut adalah semangat untuk menggunakan energi alternatif terkait dengan ancaman krisis energi. GEA juga akan disediakan opsi untuk bisa menggunakan bahan bakar gas. PT INKA berharap bisa meluncurkan GEA pada pertengahan tahun 2011.

Karena mobil dengan diameter ban berukuran 13 inci ini merupakan mobil mini, dashboard-nya didesain minimalis. Panel kecepatan diletakkan di bagian tengah. Dalam panel ada jarum penunjuk kecepatan , indikator bahan bakar, temperatur, oli, dan lampu.

Untuk membuka dan menutup kaca pintu depan dilakukan secara manual , kaca pintu bagian belakang dioperasikan dengan­ mesin dari pintu ke­mu­di.­ GEA hanya punya tiga pintu, satu berada di sisi kemudi dan dua lainnya di samping kiri, untuk menaruh barang di bagasi, harus dilakukan dari dalam mobil.

Sementara lampu depan dibikin besar (dengan lubang angin untuk mesin di antara 2 lampu depan besar tersebut) , lampu belakang dibuat bergaya minimalis. Semuanya ramping dengan tiga susunan lampu berbeda. Masing-masing berwarna kuning, putih, dan merah.
Untuk pertama telah diluncurkan mobil GEA diperuntukan patroli kepolisian, untuk selanjutnya pada pertengahan tahun 2011 akan di "launching" mobile GEA secara resmi ke publik. untuk pertama akan dilayani untuk pembelian yang dilakukan oleh koperasi ataupun suatu organisasi, sekolah kejuruan dan badan hukum untuk mempermudah pemberian after sales service dikarenakan untuk pembuatan atau mendirikan dealer memerlukan waktu dan dana yang tidak sedikit, dengan cara begitu diharapkan pemeliharaan mobil GEAcakan lebih mudah dan lebih terjamin.

Pasar pertama yang disasar adalah para pemilik angkutan umum, tapi tak tertutup juga jika diperuntukkan sebagai kendaraan pribadi.


 

21 komentar:

  1. coba Gea sedikit lebih pendek, dengan tinggi 1640mm, saya rasa terlalu tinggi untuk gea, gimana kalo tingginya di kurangi menjadi 1570mm, saya yakin pasti lebih keren

    BalasHapus
  2. gea kapan di jual secara umum?

    BalasHapus
  3. Nah, ini baru keren, sangat cantik :)

    BalasHapus
  4. iya niihh pgn punya mobil tp kantong cekak......

    BalasHapus
  5. wah kapan ya di produksi secar masssal?? dan di jual secara bebas

    BalasHapus
  6. maksain ngumpulin duit buat beli GEA.. udah terkumpul, tapi mau beli qok belum bisa (katanya).. gimana ini teh..?

    BalasHapus
  7. cocok buat ibu saya, pengen mobil yg gampang parkir, irit, keren pula...!

    BalasHapus
  8. gimana nih cara pesannya ? n dimana dealer resminya ?

    BalasHapus
  9. iya nih, katanya pertengahan 2011 sudah bisa dipesan, ini sudah tahun 2012 nggak ada kabar?

    BalasHapus
  10. bagaimana khabar mu gea?
    mulai kapan kamu bisa dijual umum?

    BalasHapus
  11. tampangnya yang baru lebih cakep dan imut-imut,semoga lahir varian - varian gea berikutnya yang lebih keren lagi.

    BalasHapus
  12. Aduh, interiornya kapan dibenahinya nih??

    BalasHapus
  13. Payah marketingnya..
    Mau beli jg susah apalagi??

    BalasHapus
  14. Sudah 2018 kok masih blm ada kabar kpn di pasarkannya mobil ini. Apakah gagal produksi juga.

    BalasHapus
  15. Apa bisa di pesan ? Dan menggunakan plat nomor Surabaya ?

    BalasHapus
  16. Desain bagus dan modern Harus segera di pasarkan pak

    BalasHapus