GEA Bakal Ganti Baju

Muhamad Ikhsan - detikOto

Jakarta - Kabar terbaru dari mobil-mobil hasil rancangan anak negeri. Kurang puas dengan tampilan eksterior mobil nasional GEA, PT Inka produsen mobil nasional GEA ternyata mengubah eksterior GEA sehingga menampilkan sisi yang lebih berkarakteristik.

GEA bakal lebih eye cathcing dari yang sebelumnya yang lebih menyerupai mobil nasional kancil.

"Saat ini kita siapkan GEA yang sangat berbeda dari sebelumnya. Jadi tidak
seperti mobnas kancil lagi," kata Koordinator RUSNAS Engine (Riset Unggulan
Strategis Nasional) BPPT Nyoman Jujur kepada detikOto pekan lalu.

Menurutnya, GEA mengalami perubahan pada sisi eksteriornya sehingga bentuk New GEA lebih aerodinamis. Tidak itu saja, warna GEA pun saat ini sudah berubah dan tidak menggunakan clear merah lagi melainkan menggunakan warna ungu.

"GEA baru saat ini lebih aerodinamis dan sekarang menggunakan warna ungu," cetus Nyoman.

Namun disisi mesin GEA tidak mengalami perubahan sama sekali. New GEA tetap
menggunakan mesin berkapasitas 600 cc yang mampu mengekluarkan torsi hingga 31 NM pada 2.000 rpm dan 11.5 kw pada 3.800 rpm. Mesin dari RUSNAS engine tersebut sudah diakui kehandalannya. Terbukti mesin tersebut sudah diuji di balai pengujian BPPT di Serpong.

Selain itu konsumsi BBM mobnas ini tergolong sangat irit, dengan jarak 40 km mesin RUSNAS tersebut hanya menggunakan 1 liter BBG sama dengan konsumsi mesin sepeda motor 1 liter untuk jarak 40 km pada mesin 125 cc.

Keseriusan BBPT dan PT INKA untuk membangun mobnas GEA seperti akan terus
bergulir. Salah satu contoh, mobnas tersebut akan diproduksi sebanyak 2 mesin dalam 1 bulan sehingga 5 bulan kerjasama antara lembaga pemerintah dan BUMN tersebut akan menghasilkan 10 mesin yang siap dipasarkan bila sertifikasi dari Dishub berjalan lancar.

( ikh / ddn )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar